Seminar Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) Tentang Menjaga dan Membangun Integrasi Nasional

Pada hari Senin tanggal 20 Juni 2022 Pukul 08.00 WIB bertempat di Gedung Balai Raya Semarak Bengkulu Jl. Indra Cahya Kel. Ps. Jitra Kec. Teluk Segara Kota Bengkulu telah berlangsung kegiatan Seminar Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) Tentang Menjaga dan Membangun Integrasi Nasional. kegiatan dihadiri Menkopolhukam Prof. Dr. H. Moh. Mahfud MD, SH., S.U., M.I.P. didampingi Deputi I Kemenkopolhukam Mayor Jendral TNI Djaka Budhi Utama, S.Sos. dan dihadiri Gubernur Bengkulu Dr. drh. H. Rohidin Mersyah, M.M.A., Ketua Umum APPSI (Gubernur DKI Jakarta) H. Anies Rasyid Baswedan, Ph.D., Ketua Dewan Pakar APPSI Prof. M. Ryaas Rasyid, MA. PH.D., Kapolda Bengkulu diwakili Dirkrimsus Polda Bengkulu Kombes Pol Aries Andhi, S.IK., Danrem 041/Gamas Bengkulu diwakili Kasrem Kol. Inf. Veri Sudijanto Sudin, S.IP., M.Si., Kabinda Bengkulu Zulkarnain, SE. M.Si., Wakil Kejaksaan Tinggi Bengkulu Syaifudin Tagamal, SH., MH., Waka III DPRD Provinsi Bengkulu Hj. Erna Sari Dewi, SE., Sekretaris Provinsi Bengkulu Drs.Hamka Sabri, Perwakilan Asisten I Bid. Pemerintahan, Ka Kesbangpol, Karo Pemerintahan dan Perekonomian Tingkat Provinsi Seluruh Indonesia, Forkopimda Provinsi Bengkulu, Pengurus Majelis Wilayah KAHMI Provinsi Bengkulu dan ±150 peserta Seminar yang berasal dari Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) perwakilan setiap Daerah.

Susunan acara kegiatan sbb:

  • Persiapan acara seminar
  • Diskusi tanya jawab
  • Penutup
  • Makan siang.

Penyampaian Ketua Dewan Pakar APPSI Prof. M. Ryaas Rasyid, MA. Ph. D sbb:

  • Penyampaian yang telah di sampaikan Bapak Menteri dan Ketua Umum pada malam hari tadi sudah mewakili semua yang perlu saya sampaikan saat ini.
  • Kita memiliki komonitas asli yang tidak bisa di rubah mulai dari kebudayaan dan kebiasaan di setiap Daerah sehingga hal tersebut yang perlu kita satukan dengan berbagai cara.
  • Kita memiliki PR untuk meniadakan gerakan separatisme di Indonesia ini seperti yang saat ini yang sedang terjadi di Papua.

Diskusi tanya jawab di lakukan dari peserta seminar kepada para narasumber yang di atur oleh moderator Prof. Muchlis Hamdi, MPA, Ph. D dan Dr. Aviliani, adapun narasumber sbb:

  • Dr. M. Alfan Alfian M dengan topik Integrasi Nasional dari Sisi Politik dan Hukum.
  • Raden Pardede dengan topik Integrasi Nasional dari sisi Ekonomi.
  • Prof. Iwan Gardono Sudjatmiko Ph.D dengan topik Integrasi Nasional dari Sisi Sosial-Budaya dan Sosiologis.

Kegiatan seminar di laksanakan untuk membina kerjasama dan kemitraan antar Pemerintah Provinsi yang saling menguntungkan, dan membina hubungan yang harmonis antara Pemerintah Provinsi dengan Pemerintah, dalam rangka mendukung suksesnya penyelenggaraan pemerintahan daerah dan otonomi daerah, serta terwujudnya kemakmuran, dan kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *